Perjalanan 2019 Khasus Gantung Diri Alami Kenaikan

50 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Selama perjalanan 2019 kemarin, angka bunuh diri dengan cara gantung diri mengalami peningkatan jika dibanding dengan tahun 2018 lalu.

Pada tahun 2019 lalu tercatat sebanyak 30 orang sedangkan pada tahun 2018 sebanyak 27 orang gantung diri di Gunungkidul.

Wakapolres Gunungkidul Kompol Joko Hamimtoyo, mengatakan perjalanan tahun 2019 memang angka khasus gantung diri naik dibanding dengan tahun sebelumnya.

“Dari tahun ke tahun angkanya antara 27 hingga 30 orang yang nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri,” katanya, Kamis (2/1/20120).

Ia mengatakan ke depan pihaknya tetap akan melakukan langkah-langkah pencegahan orang dengan gantung diri, yang pertama pihaknya telah melakukan pemetaan di mana saja wilayah terbanyak kasus gantung diri.

“Kami juga akan melihat latar belakangnya apakah sakit berkepanjangan, terlilit hutang, apakah spontan melakukan gantung diri,” paparnya.

Selain itu pihaknya akan meningkatkan peran dari bhabinkamtibmas untuk memonitor warga yang berada di desa-desa, karena yang mengetahui kondisi warga secara langsung adalah bhabinkamtibmas.

“Para bhabinkamtibmas ini yang paling mengetahui kondisi warganya yang di pelosok-pelosok maupun desa, nanti para bhabinkamtibmas akan memonitor adakah warga yang memiliki kecenderungan latar belakang seperti yang dijelaskan tadi,” tutupnya. (Yup)

 

Related Post