Perjalanan 2019, PAD Pariwisata Baru Capai 53 Persen

132 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Selam perjalanan tahun 2019 ini Pemkab Gunungkidul terus berupaya mengenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD)sektor andalan Pariwisata.

Tinggal menyisakan 4 bulan lagi, namun PAD Pariwisata baru mencapai 53 persen dari yang telah ditargetkan.

Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) kabupaten Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan tahun ini PAD pariwisata ditarget Rp 27,9 milliar. Dan hingga saat ini pada titik 53 persen dari target awal.

“Saat ini sudah pada titik 53 persen. Kami tetap optimis pada akhir tahun mendatang dapat memenuhi target,” katanya, Minggu (1/9/2019).

Menurut Asti, untuk memenuhi target memang masih diperlukan upaya ekstra. Sehingga pihaknya terus melakukan inovasi agar wisatawan terus meningkat.

Dirinya berharap ada hal baru pada sektor pariwisata yang dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Gunungkidul yakni hadirnya pantai baru yang digadang mampu meningkatkan jumlah kunjungan.

“Kami harapkan ada pantai Ngrawe-Ngrawe baru karena bisa menjadi daya tarik yang luar biasa. Sekarang pantai Kukup sudah mulai dipadati pengunjung juga,” katanya.

Sambung Asti sekarang ini wilayah selatan masih menjadi andalan Gunungkidul untuk menarik wisatawa.

Menurutnya pengunjung pantai masih mendominasi jumlah kunjungan wisata di Gunungkidul.

“Kalau pengunjung di pantai masih mendominasi, kurang lebih 90 persen pengunjung itu kepantai. Sedangkan wilayah utara Gunungkidul sebenarnya juga memiliki potensi yang sangat baik,” ucapnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Gunungkidul Eko Rustanto, mengatakan penurunan PAD yang dialami oleh Kabupaten Gunungkidul harus disikapi secara serius oleh pihak pemkab.
Menurutnya potensi PAD Kabupaten Gunungkidul sangat besar namun membutuhkan manajeman yang baik untuk pengelolaannya.

“Sebaiknya ditangani dan dikelola lebih baik lagi supaya menghasilkan yang terbaik,” paparnya. (Bayu)

 

Related Post