Permudah Pelayanan, Bank BPD DIY Jalin Kerjasama Dengan Sekolah Kejuruan

  • Share
Bank BPD DIY Cabang Wonosari Saat Mengunjungi Ruang Edu Smart Bank di SMK N 1 Wonosari. (Foto: GKpost)

Gunungkidulpost.com – WONOSARI – Demi menyukseskan program Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank BPD DIY Cabang Wonosari telah menjalin kerjasama dengan SMK Negeri 1 Wonosari.

Kerjasama tersebut, ditandai dengan penandatanganan MoU antara pihak BPD DIY dengan pihak sekolah, Kamis (04/08/2022).

“Salah satu kerjasamanya adalah dalam hal pengelolaan tabungan para pelajar. Karena ini sesuai dengan program OJK berkaitan dengan satu rekening satu pelajar, sehingga memudahkan pelajar untuk menabung dan mengelola keuangan mereka,” kata
Pemimpin Bidang Pelayanan dan Operasional BPD Cabang Wonosari, Tabah Indra Gunawan disela acara.

Menurut dia, sosialisasi dan MoU Agen Aku Pandai Edu Smart Bank ini diikuti oleh ribuan siswa-siswi SMK N 1 Wonosari.

Mini bank yang sekarang dikerjasamakan dengan Bank BPD DIY nantinya dapat melayani pembuatan rekening siswa, menabung dengan jumlah berapapun (setor), dan tarik tunai jika sekiranya pemilik tabungan membutuhkan uang tabungan mereka. Termasuk juga uang tabungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembayaran-pembayaran keperluan sekolah.

Selain itu, kerjasama program tersebut dimaksudkan sebagai sarana pembelajaran siswa tentang bagaimana perbankan dan tentunya mengedukasi gemar menabung di bank dengan berbagai keuntungan yang didapat.

Disinggung mengenai seberapa luas cakupan program tersebut, Bank BPD DIY akan mengembangkan program seperti ini hingga meluas ke sekolah-sekolah lainnya yang ada di Gunungkidul.

“Di sekolah ini (SMKN 1 Wonosari) telah memiliki mini bank yang dioperasikan oleh para siswa, ini sejalan dengan program-program dari Bank BPD DIY. Sehingga program ini sangat mendukung dan sejalan dengan program OJK berkaitan dengan 1 rekening 1 siswa serta program Laku Pandai yang diluncurkan oleh Bank BPD DIY.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Wonosari, Moh. Rokhis, mengaku sangat mendukung adanya program perbankan yang masuk kedalam lingkup sekolah. Ia pun menyambut baik kerjasama dengan Bank BPD DIY ini.

“Sangat berterimakasih atas kerjasama yang terjalin baik ini. Semoga kedepan mampun mengembangkan program perbankan, sesuai dengan yang diedukasikan dengan muridnya,” ujarnya.

Moh. Rokhis mengaku, di SMK N 1 Wonosari ini memiliki beberapa jurusan, dimana masing-masing memiliki program-program pembelajaran khusus. Sehingga program Akuntansi ini diharapkan mampu memberikan edukasi yang baik terhadap peserta didiknya.

“Sekolah memang telah mengembangkan edu smart bank. Agar pengelolaannya lebih matang kemudian dikerjasamakan dengan bank milik daerah. Dan nantinya semua murid akan membuka rekening sendiri-sendiri secara bertahap,” pungkasnya. (Byu)

  • Share
Exit mobile version