Persiapan Pemilu Semakin Mantap, KPU Gelar Koordinasi Bersama Pemkab

142 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Bertempat di ruang rapat I Setda Kabupaten Gunungkidul, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul kembali menggelar sosialisasi penyelenggaraan Pemilu serentak 2019, Kamis,(4/4/2019) kemarin.

Pada kegiatan ini, KPU mengundang perwakilan dari seluruh Partai Politik, tim kampanye Paslon Presiden dan Wapres maupun pelaksana kampanye DPD, dengan harapan materi kepemiluan dapat tersampaikan secara komprehensif secara benar kepada kelompok maupun anggotanya.

Katua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani menyampaikan Pemilu 2019 tinggal beberapa hari lagi. Beberapa tahapan sudah dipersiapkan baik SDM dari tingkat Kabupaten hingga PPK dan TPS serta KPPS juga sudah terbentuk.

“Kelengkapan pemungutan suara ditingkat kabupaten sudah siap, rencana tanggal 11 April 2019 sudah di distribusikan ke kecamatan hingga tingkat TPS,” katanya.

Ruslan Hani mengatakan,Pemilu 2019 mengacu pada 3 buah peraturan/regulasi diantaranya PKPU No. 3, 4 dan 5 tahun 2019

Lebih detail Ruslan Hani memaparkan,PKPU No. 3 tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pemilihan Umum. Sedangkan PKPU No. 4 Tahun 2019 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019. PKPU No. 5 Tahun 2019 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umum 2019.

“Perlu kita pahami bersama mengenai regulasi tantang Pemilu ini, oleh karena itu sosialisasi terus kami lakukan agar penyelenggaraan Pemilu 2019 dapat berjalan tertib, aman, lancar dan sukses sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan,”ujarnya.

Bagi Dinas/instansi yang telah hadir, Ruslan Hani berharap materi yang telah disampaikan dapat disampaikan kepada jajaran masing-masing.

Sementara itu, Drs. Sudodo, MM, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Gunungkidul menyampaikan, Pemilu yang dirilis secara transparan dan selalu up to date akan menjadikan masyarakat selalu lebih peduli dan bijaksana untuk menggunakan hak dan kewajibannya sebagai warga negara yang baik melalui Pemilu.

“Semoga pada 17 April 2019 mendatang semakin banyak warga masyarakat yang menggunakan hak pilihnya karena tingkat partisipasi pemilih menjadi indikator keberhasilan Pemilu yang berkualitas,” ucapnya.

Ia berharap, masyarakat Gunungkidul semakin dewasa dan berkomitmen menjadi bagian dari demokrasi yang berkualitas serta mendukung terwujudnya penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 yang demokratis dengan suasana damai, aman dan jauh dari potensi konflik. (Santi)

Related Post