Pertanian Terpadu Disulap Jadi Wisata Yang Syahdu !!

483 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Lahan pertanian terpadu di desa Genjahan, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul dikemas menjadi lokasi wisata yang unik dan menarik. Selain dapat berwisata menikmati keindahan alam, wisatawan juga dapat belajar tentang pertanian terpadu.

Wilayah Kabupaten Gunungkidul, terkenal sebagai wilayah yang lahan pertaniannya hanya bisa ditanami saat musim penghujan atau tadah hujan. Namun dibeberapa Kecamatan, yang memiliki sumber air yang melimpah lahan pertanian bisa ditanami selama setahun. Salah satunya di Desa Gejahan, Kecamatan Ponjong ini.

“Sawah yang sepanjang tahun ditanami padi ini, tak jarang diserang hama. Untuk mengantisipasi serangan hama, dilakukan dengan penerapan lahan terpadu, artinya sekitar tanaman padi ditanami bunga atau tanaman yang menghasilkan serbuk sari, seperti bunga selosia dan bunga matahari,” kata Edy Widodo pengelola wisata bulak Widoro keada wartawan, Minggu (11/11/2018) kemarin.

Dengan berbagai bunga yang tumbuh disekitar lahan persawahan menjadikan lokasi persawahan menjadi indah dan dijadikan lokasi wisata. Untuk mempercantik lokasi yang dikenal bulak widoro, juga dibangun jembatan dari bambu dan rumah kecil dari kayu. Inilah yang biasa digunakan oleh wisatawan untuk berswafoto.

“Asik jadi bisa berwisata sambil belajar pertanian terpadu. Mengetahui langsung proses penanaman padi sehat, karena tidak menggunakan pestisida. Harapan kami wisata edukasi seperti ini dapat lebih dikembangkan,” ungkap salah seorang wisatawan De Ulis warga Wonosari. (Tama)

Related Post