Peryaan May Day Diklaim Tak Ada Aksi Demo

2069 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Menjelang Perayaan May Day DIY yang akan dilangsungkan di Wonosari diharapkan menjadi moment untuk menggembirakan bagi para buruh.

Oleh sebab itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Gunungkidul mengklain tidak ada aksi demo mengenai buruh.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Gunungkidul, Andung Prihadi Santosa, mengatakan mayday yang akan datang diberi tema Mayday is Funday.

“Harapannya menjadi hari yang menyenangkan hati nanti, berbagai elemen bergabung dari para pekerja, pengusaha, maupun pihak pemerintah, berkumpul untuk merayakan,” katanya kepada wartawan, Selasa (24/4/2018).

Ketika ditanya terkait kesejahteraan buruh, menurutnya di DIY hampir 100% sudah terpenuhi hak-haknya. Jika ada perusahaan atau pengusaha yang coba mengabikan kewajibannya terkait kehidupan buruh, akan ditindak tegas.

“Saya rasa untuk akses BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan sudah hampir terpenuhi semua, ataupun tunjangan lainnya. Jika ada nanti pengusaha yang nakal, pasti akan kami beri peringatan keras, karena juga sudah ada Undang-Undang yang mengatur. Harapannya 2019 pekerja sudah tercover jaminan social seluruhnya,” ucapnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan May Day 1 Mei yang akan datang, ketua pelaksana Gatot Yuri mengatakan tidak aka nada demo atau orasi dalam kegiatan itu. Adapun kegiatan sendiri nantinya akan dilakukan beberapa sambutan, senam, jalan sehat dan pembagian doorprize.

“Rencananya akan diikuti 500-1.000 buruh dan kita akan bergembira bersama tidak ada demo atau orasi sesuai kesepakatan berbagai pihak,” pungkasnya. (Susanti)

 

Related Post