Pisang Dipercaya Bisa Menurunkan Kadar Asam Urat, Benarkah?

  • Share

Gunungkidulpost.com – WONOSARI – Asam urat, penyakit yang umum diderita masyarakat. Pisang disebut-sebut bisa membantu menurunkan asam urat tinggi, benarkah?

Asam urat, penyakit yang tidak hanya menyerang laki-laki tapi juga perempuan.

Umumnya, perempuan baru merasakan gejala asam urat saat memasuki masa menopause.

Penyakit asam urat muncul karena terdapat tumpukan asam urat yang mengkristal di dalam sendi.

Mengutip dari Healthline, asam urat merupakan produk sampingan yang dibuat saat tubuh memecah purin. Sedangkan, purin merupakan zat yang diproduksi secara alami di dalam tubuh dan banyak ditemukan dalam makanan serta minuman.

Para ahli kesehatan menyarankan penderita asam urat harus selektif dalam mengonsumsi makanan. Hal ini penting untuk menjaga kadar asam urat tetap stabil.

Penderita asam urat disarankan untuk konsumsi buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan serat, vitamin, dan nutrisi tubuh.

Salah satu buah yang disebut-sebut baik dan aman dikonsumsi penderita asam urat adalah pisang.

Pisang merupakan makanan yang sangat rendah purin dan menjadi sumber vitamin C.

Hasil sebuah tinjauan tahun 2021 menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang tinggi bisa melindungi terhadap asam urat. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasinya.

Melansir dari Live Strong hasil sebuah penelitian tahun 2009 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine melapirkan laki-laki dengan diet kaya vitamjin C kecil kemungkinannya terkena asam urat seiring bertambahnya usia.

Sekedar info, satu buah pisang berukuran besar mengandung sekitar 12 miligram vitamin C atau setara dengan 13% kebutuhan harian vitamin C laki-laki dan 16% kebutuhan perempuan. (red)

  • Share
Exit mobile version