PKH Cara Ampuh Entaskan Kemiskinan

369 views

Gunungkidulpost.com – Rongkop – Pemerintah terus berupaya untuk mengentaskan kemiskinan salah satu cara yakni Program Keluarga Harapan (PKH) yang dinilai mampu memberikan dampak positif kesejaheraan masyarakat.

Seperti halnya kegiatan yang telah dilangsungkan di Dusun Kembang, Desa Melikan, Rongkop.

Sejumlah kegiatan dilakukan, mulai dari apresiasi siswa berpestasi serta pemberian bantuan meliputi lampunisasi, jambanisasi, dan lantainisasi.

Tidak hanya itu launching buku karya pendamping PKH yakni Anton Prasetyo, Nurul Lathiffah dan Erri Yurita mengenai kisah inspiratif sepuluh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Gunungkidul juga mewarnai acara tersebut.

Dalam kegiatan itu turut hadir Bupati Gunungkidul, Badingah. Dalam sambutannya, orang nomor satu di Gunungkidul ini mengapresiasi kinerja pendamping PKH.

Selama satu dasawarsa PKH berlangsung, mampu menyasar ribuan warga miskin yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

“PKH mampu mengentaskan ribuan masyarakat kurang mampu di Gunungkidul, kami sangat berterimakasih karena sudah bersinergi dengan pemerintah,” ucap Badingah, Rabu (9/5/2018).

Sebagaimana diketahui sejak dimulai pada Mei 2008 lalu, di Kabupaten Gunungkidul sekitar 6.000 lebih Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berasal dari Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). Untuk komponennya adalah ibu hamil, nifas, balita, anak pra sekolah dan/atau anak sekolah usia SD-SMP.

Adapun sejak 2016, PKH mengalami perluasan peserta. Jika sebelumnya yang disasar usia anak sekolah hingga SMP, kini ada tambahan komponen anak sekolah SMA. Selain itu juga ada lansia diatas 70 tahun, anak penyandang disabilitas sedang dan berat. Dengan adanya perluasan peserta, total sasaran PKH di Gunungkidul hingga 2018 berkisar 66.000 KPM.

Sementara itu Ketua Koordinator PKH wilayah Gunungkidul, Suro Tri Wibowo mengatakan PKH merupakan Program Bantuan Sosial Bersyarat yang bertujuan mengurangi beban pengeluaran peserta program. Selain itu juga untuk memutus mata rantai kemiskinan antar generasi.

“Pendamping PKH tidak hanya bertugas sesuai tupoksi, lebih jauh lagi kami mengabdikan diri untuk masyarakat,” jelasnya. (Bayu Prihartanto)

Related Post