Pohon Berpotensi Tumbang Akan Diinventarisasi

332 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Banyaknya pohon tumbang yang akhir-akhir ini terjadi di wilayah Kabupaten Gunhngkidul, Dinas Lingkungan Hidup akan melakukan pendataan terhadap potensi pohon tumbang.
Dengan inventarisasi itu diharapkan bahanya pohon tumbang dapat ditekan.

“Sudah kita mulai dan untuk pelaksanaannya kami koordinasi dengan Pemerintah DIY maupun Unit Pelaksana Teknis [UPT] Kebersihan dan Pertamanan di DPUPRKP Gunungkidul,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul Agus Priyanto, Selasa (23/1/2018) kemarin.

Dia manuturkan, embusan angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang tersebar merata di wilayah Gunungkidul. Oleh karenanya, lanjut Agus, dalam penanganan tidak bisa dilakukan sendiri oleh instansi tersebut.

“Jadi untuk pohon yang berada di jalan provinsi, maka kita harus koordinasi dengan Pemerintah DIY dan tidak asal tebang,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul Sutaryono. Menurut dia, pihaknya sudah pernah memberikan surat kepada Dinas Kehutanan DIY untuk melakukan penanganan terhadap pepohonon yang berada di kawasan rest area Bunder.

“Koordinasi dilakukan agar bisa ditangani karena pohon-pohon itu rawan tumbang saat terjadi angin kencang dan berpotensi mengganggu kelancaran arus lalu lintas di wilayah tersebut,” ucap Sutaryono. (Heri)

 

Related Post