Potensi Hujan Lebat Diprediksi Hingga Tiga Hari Kedepan

359 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memberikan peringatan terkait potensi hujan lebat yang akan terus meningkat pada tanggal 7 – 10 Maret 2018 mendatang.

Masyarakat di seluruh wilayah DI Yogyakarta diharapkan untuk selalu waspada terhadap bencana banjir dan longsor.

Disebutkan bahwa kondisi atmosfer saat ini hingga beberapa hari kedepan diindikasikan mengalami peningkatan dengan ditandai dan terdeteksi adanya aliran udara basah dari Samudera Hindia ke wilayah Indonesia.

Di sisi lain, posisi matahari dalam gerak semu tahunannya di sekitar equator berdampak pada meningkatnya intensitas radiasi ke bumi.

Kondisi tersebut diperkirakan menyebabkan udara hangat lembab labil sehingga berpotensi mengakibatkan hujan dengan intensitas lebat terjadi di beberapa wilayah DIY, dan Gunungkidul khususnya.

“Di Gunungkidul harus waspada adanya peningkatan hujan lebat ini. Ada 9 wilayah yang harus waspada diantaranya Gedangsari, Ngawen, Nglipar, Patuk, Paliyan, Wonosari, karangmojo, Semin, Ponjong,” kata Staf Data Dan Informasi BMKG Yogyakarta, Indah Retno Wulan kepada wartawan, Rabu (7/3/2018).

Dengan adanya situasi potensi cuaca ekstrem ini, BMKG DIY mengeluarkan beberapa imbauan pada masyarakat, diantaranya:

1. Waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor.

2. Waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang/roboh

3. Agar tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat/petir.

“Diprediksi peningkatan hujan lebat ini akan terjadi hingga 10 Maret mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Gunungkidul, Edi Basuki mengaku pihaknya telah menyiagakan seluruh petugas yang ada. Hal itu untuk merespon cepat saat terjadi bencana alam lantaran curah hujan yang tinggi.

“Kami telah melakukan koordinasi, seski diprediksi curah hujan meningkat namun tidak timbul adanya korban,” ucapnya. (Bayu)

 

Related Post