Profesionalisme Pustakawan Diera Industri 4.0

170 views

Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Memasuki perubahan iklim informasi era digital seperti sekarang ini, perpustakaan dan pustakawan harus membuka mata hati untuk bersinergi dengan perubahan.

Perpustakaan senantiasa memegang peranan penting sebagai sumber ilmu pengetahuan. Terlebih lagi di era industry 4.0.

Hal itu disampaikan Agung Wibawa,S.I.P Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Gunungkidul disela-sela kegiatan seminar sekaligus Musyawarah Daerah (Musda) IPI Gunungkidul di Sasono Seni Mbah Gito, Kecamatan Karangmojo, Selasa,(23/7/2019).

Agung menyampaikan, pihaknya saat ini tengah memperjuangkan para pustakawan maupun tenaga perpustakaan agar mereka bisa meningkatkan SDMnya dengan diberikan motifasi agar terus bersemangat dalam mengabdi dan juga memberikan tambahan ilmu agar mereka lebih siap menghadapi era globalisasi informasi seperti saat ini.

“Gunungkidul merupakan satu-satunya kabupaten yang mempertahankan pustakawan sekolah yang bekerja di sekolah-sekolah. Sebab untuk daerah lainnya telah ditarik ke kabupaten/kota masing-masing,” kata Agung.

Menurut Agung, pustakawan dan perpustakaan di Gunungkidul cukup berprestasi. Hal itu dibuktikan dengan juara II tingkat nasional yang pernah diraih oleh perpustakaan Gunungkidul. Selain itu dua Pustakawan dari Gunungkidul juga pernah juara nasional.

“Gunungkidul jangan sampai tertinggal dari kabupaten lain, namun harus selangkah lebih maju,” ujarnya.

Agung mengungkapka, pustakawan di Gunungkidul masih mempunyai kendala. Ketika mereka diangkat dari D2, D3, S1 perpustakaan dan mereka sudah masuk kerja mereka justru dipekerjakan untuk membantu mengerjakan tugas lain seperti BOS, sehingga mereka mengesampingkan tugas utama mereka.

“Saya berharap, kedepan pustakawan bukan hanya ada di sekolah-sekolah, namun setiap desa bahkan tempat ibadah juga terdapat pustakawan,” ucap Agung.

Terkait hal ini,IPI juga telah bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Gunungkidul demi untuk meningkatkan kualitas perpustakaan di Gunungkidul. (Santi)

Related Post