Program PIS-PK Dimaksimalkan Melalui Puskesmas

234 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul mengklaim telah melaksanakan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga.

Hingga saat ini program tersebut sudah menyasar di 64 Desa yang ada di Gunungkidul.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Priyanta Madya Satmaka mengatakan, PIS PK merupakan peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat melalui keluarga.

Praktiknya, petugas Puskesmas mengunjungi setiap rumah pada setiap keluarga untuk memperolah profil kesehatan.

“Ada 12 item kesehatan yang didata. Jadi petugas datang langsung kepada keluarga itu untuk pendataan,” katanya, Jumat (19/10/2018).

Ia menambahkan, dalam program PIS PK petugas tidak hanya melakukan pendataan saja. Namun demikian juga melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Seperti kita lakukan pengecekan tekanan darah, sehingga jika menderita hipertensi dapat kita lakukan pengobatan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul, Demas Kursiswanto berharap program tersebut dapat berjalan secara optimal dan sesuai terget. Selain itu, puskesmas sendiri diharapkan untuk memaksimalkan fungainya.

“Puskesmas di Gunungkidul masih sangat efektif, namun juga hal itu perlu ditingkatkan terkait pelayanan PIS PK,” ucapnya. (Bayu)

 

Related Post