Puluhan Ibu-ibu Ciptakan Hasil Kerajinan Home Industri

167 views
 

Gunungkidulpost.com – Playen – Puluhan ibu-ibu di Desa Banaran, Kecamatan Playen dilatih untuk menciptakan hasil kerajinan tas yang terbuat dari tali kur.

Hal itu dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat.

Pelatihan tersebut sekaligus dalam rangka Pelaksanaan TMMD ke-105 di Playen, Gunungkidul.

Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang 31 gunungkidul, Lely Noppy Laksana Armyanto mengatakan, benyaknya minat jual tas yang terbuat dari tali kur menjadi alasan tersendiri bagi ibu-ibu untuk mengembangkan kerajinan tersebut.

“Sengaja kami memilih kerajinan tas yang terbuat tali kur karena saat ini kerajinan tersebut disukai oleh pembeli,” katanya, Rabu (7/8/2019).

Dia mengatakan, tas yang dibuat ini memiliki berbagai bentuk yang kekinian. Pihaknya yakin bila dipasarkan bisa laku terjual.

“Jika dikerjakan serius bisa menambah pemasukan bagi keluarga, karena bisa dijual di lokasi wisata seperti di Wanagama ini,” ujarnya.

Sementara itu, Salah seorang warga Wiwik Suratin mengatakan dirinya bersama ibu-ibu PKK desa Banaran baru pertama kali berlatih membuat tas dari tali kur. Pihaknya menyambut baik kegiatan ini, karena bisa meningkatkan keterampilan ibu-ibu di Desa Banaran.

“Mudah-mudahan bisa meningkatkan keterampilan ibu-ibu. Apalagi kegiatan ini kan bisa disambi dan juga untuk mengisi waktu senggang,” paparnya.

Dirinya berharap, dengan meningkatkan lerajinan ini akan menambah pendapatan ekonomi keluarga.

“Mudah-mudahan kedepan meningkat sehingga dapat menambah pendapatan kami,” tutupnya. (Bayu)

 

Related Post