Puluhan Ribu Benih Lobster Disebar Di Pantai Selatan

146 views
 

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Sebanyak 77 ribu benih lobster jenis mutiara dan pasir dilepas Pantai Baron, Kecamatan Tanjungsari oleh Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Yogyakarta, Sabtu,(25/5/2019) dini hari.

Kepala BKIPM Yogyakarta, Hafit Rahman, mengatakan, ribuan benih lobster itu adalah barang selundupan yang akan ditujukan ke Vietnam dengan nilai jual Rp 11,5 Miliar.

“Ini merupakan hasil penegakkan hukum yang dilakukan oleh Ditpolairud Polda Riau di Kota Dumai,”terangnya saat ditemui di Pantai Baron.

Dikatakan Hafit, penggagalan penyelundupan itu mengacu pada Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan No 56 Tahun 2016 tentang Pembatasan Penangkapan Lobster, Kepiting dan Rajungan yang memiliki berat di bawah 200 gram.

“Merujuk Permen tersebut lobster, kepiting dan rajungan yang memiliki berat di bawah 200 gram juga dilarang diperjualbelikan,” katanya.

Lebih lanjut Hafit menyampaikan, penyelundupan yang berhasil digagalkan kali ini adalah lobster yang diambil dari Riau kemudian dibawa ke Batam, mau dikirim ke Singapura dan selanjutnya dikirim ke Vietnam.

Karena kondisi benih lobster yang masih utuh maka BKIPM Pekanbaru berkoordinasi dengan BKIPM Yogyakarta untuk melepasliarkan di Pantai Baron.

“Ini sesuai arahan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, lobster ini cocok hidup di daerah berair jernih dan berkarang seperti di pantai selatan Gunungkidul,”tutupnya. (Santi)

 

Related Post