Raih WTP, Berikut Hasil Pemeriksaan BPK

270 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Beberapa waktu lalu Kabupaten Gunungkidul mendapatkan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Namun demikian, masih ada catatan dari BPK DIY dari pencapaian hasil pemeriksaan tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh sekretaris Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Putro Sapto, Kamis (31/5/2018).

“Ada beberapa catatan dari BPK DIY seperti kebijakan akuntansi, artinya disitu harus mencakup piutang BPJS saat ini masih belum menyebutkan, lalu terkait barang-barang persediaan tahun ini kita baru menyusun sehingga ada beberapa yang kurang sempurna,” kata Putro kepada wartawan.

Lebih lanjut, terkait dengan hibah secara substansi BPK tidak menemukan penyelewengan, akan tetapi ada masalah pada admisistrasi.

“Ada kesalahan dalam administratif yang mestinya nama alamat penerima hibah masuk dalam lampiran Perbup penjabaran ABPD ketika dilakukan perubahan kami lupa untuk mencantumkan, karena jadi satu kesatuan administratif. BPK menyoroti secara serius terkait ini,” katanya.

Ia melanjutkan, ada catatan terkait pendapatan pihaknya diberikan rekomendasi oleh BPK untuk menambah personel, yang mampu mengawasi dan menghitung potensi pendapatan yang ada.

“Kita akui kita memang kekurangan personil, tetapi untuk menambah memang butuh waktu memetakan siapa orang-orang yang punya kemampuan untuk itu, untuk mengisi celah tersebut kita akan membuat tim ad hoc, artinya tim tersebut itu mempunyai kemampuan untuk menghitung potensi pendapatan dan mengawasi akan diberikan SK,” imbuhnya.

Putro mengatakan untuk tahun depan harus ada pengawalan yang ketat jangan sampai hal seperti ini muncul berulang ditahun-tahun yang akan datang karena akan terlihat kurang peduli terhadap catatan BPK.

“Minggu depan sudah melangkah di kebijakan akuntansi karena nanti hasilnya adalah perbup ini agak berat, lalu masalah utang piutang jika,” pungkasnya. (G1)

Related Post