Ratusan Wisatawan Jadi Korban Sengatan Ubur-ubur

147 views
 

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Ratusan wisatawan pengunjung Pantai Selatan Gunungkidul mengeluh kesakitan setelah disengat ubur ubur yang naik ke permukaan selama libur lebaran ini.

Dari hari Senin,(3/6/2019) hingga hari ini Kamis, (6/6/2019), sampai pukul 14.00 WIB tercatat sudah 125 wisatawan yang dilaporkan telah tersengat ubur-ubur.

Surisdiyanto, Sekretaris SAR Wilayah Operasi II Gunungkidul menyampaikan, serangan ubur-ubur terjadi hampir diseluruh pantai.

Munculnya ubur-ubur itu sendiri disebabkan karena musim dingin yang terjadi disaat musim kemarau tiba.

Khusus dipantai wilayah operasi II Gunungkidul, hari ini tercatat 85 wisatawan tersengat ubur-ubur di Pantai Pantai Sepanjang, Watu kodok, Krakal, Drini dan Kukup.

“Jumlah ini bisa bertambah banyak karena libur lebaran akan banyak wisatawan yang berkunjungan ke pantai selatan,”ujar Suris.

Suris mengatakan, keberadaan ubur-ubur memang cukup mengganggu. Bahkan berbahaya bagi para wisatawan yang bermain air di kawasan pantai. Pasalnya apabila tersengat ubur-ubur, korban akan mengalami nyeri, tanda merah dan iritasi pada kulit.

Sebagai langkah antisipasi agar tidak meminimalisir jumlah korban serangan ubur-ubur Tim SAR telah menyisir dan membersihkan ubur-ubur dari kawasan pantai.

“Selain itu, tim SAR juga mulai menyiagakan peralatan-peralatan medis untuk menangani wisatawan yang tersengat ubur-ubur,”imbuhnya. (Santi)

 

Related Post