Rekapitulasi Suara, Tinggal Empat Kecamatan Lagi

Gunungkidulpost.com – WONOSARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul menyampaikan baru ada 14 kecamatan di Gunungkidul yang telah menyelesaikan rekapitulasi suara.

Dengan begitu tersisa empat kecamatan yang masih melakukan proses rekap. Hingga saat ini, tidak ada laporan kendala dalam proses rekap di tingkat kecamatan. Begitupun pemungutan suara ulang (PSU) juga tidak ada.

Ketua KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti mengatakan setelah rekap di tingkat kecamatan selesai, barulah rekap tingkat kabupaten dimulai.

“Rekap di kabupaten selesai nanti baru rekap di tingkat provinsi. Terakhir rekap di Pusat,” kata Asih ditemui di kantornya, Jumat (23/2/2024) kemarin.

Asih mengaku tidak ada laporan kendala dalam proses rekap di tingkat kecamatan. Begitupun pemungutan suara ulang (PSU) juga tidak ada.

“Tidak ada laporan kendala apapun,” katanya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul, Andang Nugroho mencatat setidaknya ada dua hal yang perlu dievaluasi terkait dengan proses rekapitulasi suara. Pertama,  perkara proses rekap yang sempat diskorsing.

Kedua, menurut dia masih ditemukan adanya kesalahan penulisan di C.Salinan. Tegasnya, Bawaslu berharap ada perbaikan terkait bimbingan teknis untuk kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

“Kami berharap adanya kesiapan sistem dan uji coba sebelum sistem itu digunakan,” ucap Andang. (Byu)