Ribuan Peserta Ujian CPNS Gunungkidul Tidak Lolos Seleksi

322 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Gunungkidul mencatat mayoritas peserta CPNS 2018 tidak lolos tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD).

Pasalnya, dari 2.047 pendaftar hanya ada 131 pelamar yang dinyatakan memenuhi passing grade dalam tes SKD.

Kepala BKPP Gunungkidul Sigit Purwanto mengatakan, hasil seleksi dari tes SKD sudah diketahui secara langsung oleh masing-masing peserta. Secara umum, ia menjelaskan, di dalam tes kemampuan dasar ini banyak peserta yang tidak lolos dengan jumlah prosentase mencapai 93,4%.

“Dari 2.047 peserta, yang lolos hanya 131 orang,” kata Sigit kepada wartawan, Senin (26/11/2018).

Menurut dia, mayoritas peserta yang tidak lolos menjadi catatan secara nasional. Ini lantaran, kondisi tersebut tidak hanya terjadi di Gunungkidul, namun di daerah lain di Indonesia juga mengalami hal yang sama.

“Bahkan di satu daerah ada yang tingkat kelolosan SKD hanya 1%,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk 131 peserta yang lolos SKD maka langsung akan mengikuti tahapan tes selanjutnya, yakni tes Seleksi Kemampuan Bidang yang difasilitasi oleh BKPP.

Sementara itu, untuk memenuhi persyaratan dalam pelaksanaan SKB, yakni peserta tes lanjutan berjumlah tiga kali dari formasi yang ada masih menunggu pengolahan data dari Panitia Seleksi Nasional.

“Kita massih tunggu hasilnya dan hingga sekarang belum ada,” katanya.

Menurut Sigit, untuk memenuhi persyaratan dalam tes SKB, sudah dikeluarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Reformasi Birokrasi No.61/2018 tentang Optimalisasi Pemenuhan Kebutuhan/Formasi Pegawai Negeri Sipil Dalam Seleksi CPNS Tahun 2018.

“Kemungkinan untuk mengisi kekurangan dipenuhi dengan melalui rangking peserta dengan nilai tertinggi,” imbuhnya. (Bayu)

 

Related Post