Ribuan Umat Katolik Rayakan Penutupan Novena Di Kompleks Goa

101 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Ribuan umat Katolik merayakan misa penutupan Novena dikompleks Goa Maria Sendang Rosario Ngijorejo, Paroki Bandung, Gunungkidul, Kamis (13/2/2020) malam.

Misa penutupan Novena tersebut digelar sekaligus bertepatan dengan misa rutin yang sakral digelar tiap Malam Jumat Kliwon.

Dengan nuansa alunan tembang khas Gunungkidul musik kroncong menjadi suasana misa yang lebih mengedepankan budaya.

Misa yang dipimpin Romo Gregorius Awan Widyaka, Pr dan Romo. Y. Dwi Harsanto, Pr mengemas tema ‘Bunda Maria Sumber Perwujudan Paguyuban Sejati’.

Dalam khotbahnya, Romo. Y. Dwi Harsanto, Pr menyampaikan bahwa misa Novena yang ke-9 ini merupakan penutupan perayaan Novena di tahun 2019/2020.

Perayaan Novena akan dilakukan lagi pada bulan Maret mendatang.

“Misa kali ini sekaligus menyambut hari kasih sayang (Valentine) dan sesuai dengan tema malam ini,” ucapnya dalam khotbah misa.

Menurut Romo. Y. Dwi Harsanto, Pr menuturkan, Jumat Kliwon menurut Budaya Jawa merupakan hari sakral. Namun dalam kesempatan ini, dengan kesakralan mari menciptakan kasih sayang kepada sesama manusia.

“Allah adalah sumber cinta kasih maka dalam ibadat malam ini marilah kita saling menebarkan cinta kasih terhadap siapa pun,” tutur Romo.

Romo berharap, dengan perayaan ini kedepan umat Katolik khususnya di Gunungkidul mampu menjadi teladan kasih sayang antar manusia. (Yup)

 

Related Post