Salat Id Di Alun-alun Wonosari Digelar Besok Pagi

  • Share
Alun-alun Wonosari, Gunungkidul nantinya aka digunakan untuk pelaksanaan Salat Id. (Foto: Ilustrasi)

GunungkidulPost.com – WONOSARI – Ibadah Salat Id 1443 Hijriah akan digelar di Alun-alun Wonosari, Gunungkidul, Senin (02/05/2022) besok pagi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pelaksanaan Salat Id dijadwalkan berlangsung mulai pukul 06.30 WIB. Drs.H.Zamari nantinya akan menjadi Imam atau Khatib salat tersebut.

Adapun pelaksanaannya melibatkan pengelola Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari.

Adapun pelaksanaan Salat Id di Alun-alun Wonosari sudah mendapat izin. Meski demikian, pelaksanaannya tetap akan memprioritaskan protokol kesehatan (prokes).

Saat dikonfirmasi, Takmir Masjid Al-Ikhlas Wonosari, Andar Jumailan membenarkan jika besok pagi, Salat Id Idulfitri akan digelar di halaman Alun-alun Wonosari. Dirinya pun optimistis pelaksanaan Salat Id besok bisa berlangsung lancar. Sebab ia berkaca pada pengalaman tahun sebelumnya, di mana jumlah jemaah dibatasi 50 persen.

“Iya betul, Insya Allah bisa kami laksanakan,” katanya saat dikonfirmasi pada Minggu (01/05/2022).

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Gunungkidul, Sa’ban Nuroni juga mengatakan ibadah Salat Id tahun ini diperkenankan di masjid, musala, bahkan di lapangan terbuka.

Menurutnya, izin tersebut juga mengacu pada edaran terbaru Kemenag RI terkait pelaksanaan ibadah Salat Idulfitri pada 2022 ini. Namun ia meminta agar prokes tetap diprioritaskan.
Ia juga memberikan pesan secara khusus pada para Imam yang akan memimpin Salat Id. Mereka diminta untuk memberikan khotbah yang mengedepankan nilai-nilai ketakwaan dan kerukunan umat beragama.

“Termasuk dalam hal jaga jarak, jadi kapasitasnya maksimal 50 persen dan barisan (saf) belum bisa rapat,” jelas Sa’ban.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta pun turut meminta masyarakat untuk mematuhi prokes saat Salat Id besok. Ia sendiri berencana akan mengikuti Salat Id di Alun-alun Wonosari.

“Saya rencananya akan mengikuti Salat Id di Kompleks Pemkab. Dan saya berharap, masyarakat mematuhi Prokes,” ujarnya. (Ant)

  • Share