Sambangi Warga Hingga Tokoh Masyarakat, DPRD Gunungkidul Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan

  • Share

GunungkidulPost.com – Saptosari – Semua unsur jajaran DPRD Kabupaten Gunungkidul melaksanakan sosialisasi Wawasan Kebangsaan.

Kegiatan yang bekerjasama dengan beberapa Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) tersebut berjalan secara maraton di 18 Kapanewon se-Gunungkidul.

Adapun kegiatan ini menyasar mulai dari warga, tokoh masyarakat, pemerintah kelurahan, hingga para unsur pendidik, nelayan dan petani.

Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, SE dalam pemaparannya mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini menjelaskan arti penting dari wawasan kebangsaan serta komitmen untuk menciptakan pemerintahan yang stabil dan dinamis diwujudkan melalui upaya membangun sistem penyelenggaraan pemerintahan yang mampu mendukung pelaksanaan pembangunan untuk mencapai
tujuan nasional.

Di samping itu perlunya mengangkat kembali nilai- nilai kebangsaan yang terkandung dalam konsensus dasar nasional yaitu falsafah Pancasila, Undang- Undang Dasar 1945, dan semboyan Bhineka Tunggal Ika serta prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Tujuan dari sosialisasi ini agar peserta dapat memahami arti Pancasila, UUD 1945 dan wawasan kebangsaan NKRI,”kata Endah yang juga pentolan Partai PDI Pejuangan, saat menyambangi warga di Kelurahan Krambilsawit, Saptosari, Selasa (23/3/2021).

Endah mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya memahami wawasan kebangsaan. Bahkan menurut politisi “nyentrik” ini, wawasan kebangsaan yang merupakan konsep politik bangsa Indonesia tersebut harus diaktualisasikan dalam kehidupan demi menjaga demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

“Jika kita tidak mampu memahami dan mengaktualisasikan konsep wawasan kebangsaan bukan tidak mungkin Indonesia bisa terpecah belah. Akan tetap dengan semakin eratnya pembinaan wawasan kebangsaan akan semakin solid demi keutuhan NKRI,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Endah juga meminta masyarakat tidak takut untuk divaksin Covid 19.

”Ayo mari kita beritahukan kepada saudara dan tetangga bahwa vaksin Covid 19 itu aman dan halal dan ini bagus untuk meningkatkan kekebalan imun dan kita juga harus sukseskan program vaksinasi Covid-19 sehingga kita terbebas dari Pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Gunungkidul Heri Nugroho menambahkan dalam wawasan kebangsaa tersebut terdiri dari kumpulan nilai-nilai luhur. Heri menuturkan, nilai-nilai luhur yang juga disebut sebagai 4 pilar tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Setiap pilar memiliki tingkat, fungsi, dan konteks yang berbeda. Dalam hal ini, posisi Pancasila tetap ditempatkan sebagai nilai fundamental berbangsa dan bernegara untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat” tutur politisi Partai Golkar yang telah duduk dikursi dewan selama empat periode.

Ia berharap lewat kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini bisa mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme generasi penerus bangsa untuk semakin mencintai dan berkehendak untuk membangun negeri.

“Lewat kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan ini saya berharap bisa mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme generasi penerus bangsa untuk semakin mencintai dan berkehendak untuk membangun negeri. Terlebih saat ini negara tengah menghadapi berbagai persoalan terlebih dengan adanya pandemi COVID-19,” pungkasnya. (Byu)

  • Share
Exit mobile version