Sapi Milik Warga Bejiharjo Mendadak Mati

258 views
 

Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Sapi mati secara mendadak terjadi lagi. Sapi berjenis kelamin betina ini merupakan sapi ternak milik Sunaryo warga Padukuhan Kulwo, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.

Informasi yang dihimpun, kejadian berawal ketika pukul 05.00 WIB, Sunaryo hendak berniat memberi minuman (mengombor) sapi miliknya tersebut, Namun sapi sudah dalam kondisi roboh. Pemilik mengira jika sapinya tertidur, ia pun menepuk-nepuk dan tidak ada respon sama sekali. Setelah dilakukan pengecekan, ia baru sadar jika sali sudah dalam kondisi mati.

Pemilik sendiri kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Kepala Dusun setempat untuk dilakukan pemeriksaan. Sebelumnya, tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan sebelum sapi itu mati, penurunan suhu atau nabsu makan pun juga tidak terlihat.

“Memang ada laporan dari warga kemudian petugas kesehatan hewan terjun ke lokasi untuk pengecekan,” terang Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto saat dikonfirmasi.

Petugas Dinas Pertanian dan Pangan, Dokter Hewan dan sejumlah instansi terkait telah melakukan pengecekan pada sapi tersebut, saat ini sapi itu juga telah dikubur di lingkungan sekitar.

Adapun dari Dinas dan Petugas terkait, kemudian melakukan pengecekan kondisi pada tubuh sapi tersebut. Setelah dilakukan penanganan dan pengecekan, petugas kemudian mengubur sapi tersebut di lahan sekitar.

Bambang mengatakan, sapi betina itu berusia sekitar 3 tahun. Petugas pun telah mengambil sampel darah, suap lubang tubuh, sampel tanah di kandang, dan pakan yang semula diberikan oleh pemilik ternak. Selanjutnya petugas mengirim sampel-sampel tersebut ke laboratorium untuk dilakukan pengecekan.

“Sudah kita ambil sampel dan selanjutnya dikirim ke BB Veteriner untuk uji laboratorium, nanti kalau sudah ada hasilnya kita akan sampaikan,” tambah dia. (Heri)

 

Related Post