Sebagai Bentuk Penyucian Diri, Umat Hindu Gelar Melasti Di Pantai Ngobaran

  • Share
Perayaan Melasti Dihadiri Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih, SE di Pantai Ngobaran. (Foto: GKPost)

GunungkidulPost.com – SAPTOSARI –
Sebagai salah satu rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi tahun Saka 1944, umat Hindu melaksanakan Upacara Melasti di Pantai Ngobaran, Saptosari, Gunungkidul, Selasa (15/2/2022).

Upacara  Melasti pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karna diadakan pada saat Pandemi Covid 19, sehingga dilaksanakan dengan terbatas.

Dalam Pelaksanaan Upacara Melasti ini peserta diwajibkan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ketua PHDI DIY, Drs. I Nyoman Warta, M.Hum menyatakan dalam kegiatan ini selain untuk mensucikan alam semesta, juga untuk  memohon kepada Sang Pencipta semoga wabah cepat berlalu.

“Semoga wabah ini cepat berlalu, supaya aktivitas kehidupan bisa terlaksana sebagaimana mestinya” Ujar Nyoman.

Sementara itu Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih, SE saat menghadiri Perayaan Melasti mengucapkan Selamat Kepada Umat Hindu atas terselenggaranya Upacara Melasti dalam rangka Perayaan Hari Nyepi. Endah berharap Perayaan Melasti yang sederhana pada tahun ini, tidak mengurangi khidmat acara ini.

“Pandemi saat ini masih belum berakhir, sehingga membatasi seluruh penyelenggaraan acara termasuk Upacara Melasti pada hari ini. Meskipun begitu saya berharap Perayaan Melasti yang sederhana pada tahun ini, tidak mengurangi khidmat acara ini. Hal ini perlu kita maklumi bersama,” katanya.

Disinggung mengenai, antusiasme pengunjung dikawasan wisata religi Endah terus mendorong potensi akan tumbuh kembangnya wisata religi seperti Ngobaran, agar kedepan semakin menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Gunungkidul.

“Kami akan berkoordinasi dengan Kundho Kabudayan dan Pemerintah Daerah untuk terus mendorong akan perkembangan dan potensi wisata religi seperti Ngobaran yang selama ini dipergunakan selain untuk berwisata juga untuk menyelenggarakan perayaan keagamaan terutama bagi umat Hindu,” imbuhnya. (Valentina)

  • Share
Exit mobile version