Sentral Pasar Ikan Mangkrak, Pemkab Hanya Kucurkan Anggaran Minim

86 views
 

Gunungkidulpost.com – Ponjong – Terbenturnya anggaran yang minim menjadi batu sandungan bagi perkembangan Sentra Pasar Ikan di Dusun Sanggrahan, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong.

Dinas Kelauatan dan Perikanan (DKP) Gunungkidul semapat memiliki wacana menghidupkan kembali namun sampai saat ini masih abu-abu.

Kepala DKP Gunungkidul, Krisna Berlian, mengatakan sejak 2019 Pemkab berusaha merevitalisasi agar fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan. Namun anggran yang minim membuat cita-cita untuk mewujudkan seolah kesulitan.

“Keberadaan sentra jual beli ikan di Ponjong sudah lama mangkrak dan tidak digunakan dan kami tidak akan membiarkan mangkrak terus,” katanya, Selasa (14/1/2019).

Menurut dia, untuk revitalisasi pada 2019 Pemkab mengalokasikan anggaran Rp40 juta. Anggaran ini digunakan untuk perbaikan atap di sekitar lokasi yang rusak.

“Ini baru awal karena upaya menghidupkan kembali Sentra Pasar Ikan Ponjong terus kami lakukan,” paparnya.

Meski demikian, Krisna menyadari upaya revitalisasi tidak mudah karena terbentur anggaran. Dia mencontohkan untuk tahun ini anggaran di DKP dipotong 50% dibandingkan dengan alokasi di 2019.

“Kami tidak miliki banyak anggaran sehingga revitalisasi tahun ini hanya sebatas membersihkan sejumlah kolam ikan,” imbuhnya.

Disinggung mengenai program revitalisasi pasar ikan, Krisna menuturkan jajarannya memiliki wacana agar bangunan tidak mangkrak, maka peruntukannya diubah. (Yup)

 

Related Post