Sering Trobel, Kecepatan Internet di Gunungkidul Akan Ditambah

691 views

Jajaran Pejabat Pemkab Saat Menggelar Jumpa Pers di Kantor Pemkab Gunungkidul. (Foto: Bayu)



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dalam rangka memudahkan akses internet untuk masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul akan mempersiapkan pembangunan jaringan menggunakan jaringan fiber optik. Selain itu juga akan menambah aplikasi penunjang kinerja pemkab.

Kepala diskominfo Purnama Jaya menyampaikan saat ini pihaknya sudah mengkaji mengenai pemasangan kabel optik untuk mempercepat akses internet.

“Nanti akan dipasang untuk ring pertama dulu, ring pertama di kantor bupati, sekda dan beberapa opd yang ada di pusat kota wonosari, nanti akan dilanjutkan sampai ke ring 4,” katanya saat menggelar jumpa pers di Kantor Pemkab, Senin (27/3/2017).

Menurutnya, hal ini dilakukan menggunakan infrastruktur yang sudah ada milik swasta. Setelah itu akan dilanjutkan dalam ring ke dua. Untuk pemasangan kabel, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas perhubungan, sehingga kabel akan dipasang di Penerangan Jalan umum, yang akan tersambung ke seluruh kecamatan.

“Untuk ring satu akan dilakukan secepatnya, anggaran sekitar Rp 200 juta sampai Rp 300 juta. Untuk sampai di tingkat kecamatan membutuhkan waktu hingga 2021 mendatang,” bebernya.

Purnama jaya mengatakan, selain mempersiapkan infrastruktur juga dilakukan perbaikan sistem yang ada. Mulai dari perbaikan situs web pemkab, dan juga integrasi semua opd untuk menfaatkan aplikasi yang ada. Diakuinya untuk beberapa hari ini web pemkab http://www.gunungkidulkab.go.id/ belum bisa dibuka karena pihaknya tengah membangun aplikasi baru.

“Web resmi pemkab baru akan bisa dibuka pada beberapa hari kedepan,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post