Siklon Tropis Tak Membuat Nelayan Patah Melaut

529 views
image

(Foto: Doc Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Meski Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memprediksi adanya hujan deras dan angin kencang lantaran keberadaan Siklon Tropis Blance dari Australia, namun hal itu tak mambuat kekawatiran bagi nelayan di pantai selatan Gunungkidul.

Hingga kini kondisi cuaca di pantai selatan Gunungkidul masih terpantai normal.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Gunungkidul, Rujimanto, mengatakan, kondisi cuaca di pesisir selatan Gunungkidul masih terpantau normal. Hanya saja, arah angin masih tidak konsisten. Ia menuturkan pada bulan Maret-April kondisi cuaca tidak seekstrim pada bulan Desember lalu.

“Arah angin masih bolak-balik terkadang mengarah ke barat, ke timur dan juga ke tenggara, beberapa kali juga terlihat konsentrasi awan hitam di selatan,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (6/3/2017).

Rujimanto mengatakan, tidak ada peningkatan ketinggian gelombang laut secara signifikan. Kecepatan angin pun dinilai tidak terlalu kencang, sehingga masih aman untuk aktivitas melaut.

“Untuk sekarang cuaca masih relatif aman, namun kami tetap selalu waspada jika terjadi hujan deras dan angin kencang,” paparnya.

Sementara itu, salah satu nelayan di pantai Baron, Iswanto mengaku, angin kencang memang terjadi peningkatan. Namun masih sebatas dalam posisi yang wajar. Setelah muncul adanya informasi cuaca yang diprediksi akan terjadinya hujan deras dan angin kencang lantaran keberadaan Siklon Tropis Blance dari Australia, pihaknya sudah mulai meningkatkan kewaspadaan.

“Kami tetap pergi melaut meski ada info keberadaan siklon tropis, hanya saja jika terjadi hujan lebat kami memilih untuk libur,” ungkapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post