Stok Darah Di PMI Terus Menipis

  • Share

GunungkidulPost.com – WONOSARI – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Gunungkidul terus berupaya untuk tetap menjaga ketersediaan stok darah yang terus menipis.

Stok darah yang tersedia di PMI saat ini ada 24 kantong darah golongan A, 21 kantong darah golongan B, 25 kantong darah golongan O, dan 7 kantong darah golongan AB.

“Kalau saat ini mulai berangsur ada stok. Namun kalau beberapa hari yang lalu stok darah sempat kosong namun persediaan kami terus terbatas,” kata Ketua PMI Gunungkidul Iswandoyo, Jumat (02/07/2021).

Menurutnya, keterbatasan terjadi karena situasi pandemi COVID-19. Sebab kegiatan donor darah massal dibatasi, tak hanya itu, jumlah pendonor juga berkurang.

“Sedangkan kebutuhan akan darah juga meningkat,” ujar Iswandoyo.

Kini puhaknya terus berupaya memenuhi persediaan darah dengan menghubungi pendonor aktif. Adapun pendonor aktif ini rutin menyumbangkan darahnya untuk PMI Gunungkidul.

“Lewat cara ini kami pastikan layanan pada masyarakat tetap berjalan,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Unit Donor Darah PMI Gunungkidul, Triyani Heny Astuti mengatakan pelaksanaan vaksinasi juga berpengaruh pada proses donor darah. Sebab mereka yang sudah divaksin tidak bisa langsung diambil darahnya.

“Warga yang sudah divaksin perlu menunggu setidaknya selama dua minggu untuk bisa mendonorkan darah. Namun yang ingin mendonor pun harus tertunda,” paparnya. (Tnt)

  • Share
Exit mobile version