Stok Hewan Kurban di Gunungkidul Aman, Harga Sapi Masih Stabil

222 views

Gunungkidulpost.com – Paliyan – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY melakukan pantauan ketersediaan hewan kurban di peternakan milik Hasim Asnawi di Padukuhan Lemahbang, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan, Rabu (24/07/2019).

Kepala Pengelolaan Stabilitas Perekonomi Daerah, TPID DIY Agnes Diyani Indriasari mengatakan, berdasar hasil pantauan, sejauh ini stok dan harga hewan ternak terutama sapi masih aman.

“Harga sapi saat ini masih terpantau stabil di kisaran Rp. 18. 000.000,- hingga Rp. 22.000.000,-,” kata Agnes.

Agnes menyampaikan, pihaknya memantau tiga titik di DIY, Bantul, Gunungkidul dan Sleman. Tiga daerah tersebut dijadikan sampling pemantauan karena tiga daerah tersebut yang selama ini menjadi daerah yang menyuplai.

Adapun jumlah populasi sapi di Kabupaten Gunungkidul yang siap untuk diqurban berjumlah 18.70 ekor. Jumlah tersebut diklaim mampu memenuhi kebutuhan sapi untuk qurban di wilayah Kabupaten Gunungkidul bahkan untuk luar daerah.

“Dari sini stoknya sudah mencukupi, bahkan kebanyakan sudah dibeli sapinya,”lanjutnya.

Selain itu, Agnes juga memastikan pada masyarakat bahwa dipeternakan ini, sebelum hewan qurban dijual akan dicek terlebih dahulu oleh Labkeswan kemudian dokter hewan akan mengeluarkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

“SKKH menjadi jaminan hewan ternak yang dijual dalam kondisi baik dan layak,”katanya.

Sementara itu, pemilik ternak sapi Hasim Asnawi mengaku, permintaan sapi dari luar daerah mengalami penirunan sekitar 20%. Hal itu dipengaruhi isu anthrax yang selama ini menimpa beberapa wilayah di Gunungkidul.

“Untuk tahun ini permintaan dari luar daerah hanya sekitar 13-14 ekor saja,”kata Hasim. (Santi)

Related Post