Suhu Udara 18 Derajat, Pantesan Dingin

624 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Suhu udara di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) beberapa hari terakhir mencapai titik terendah 18 derajat Celcius. Khususnya malam hari, Dalam beberapa hari ini berkisar 18-20 derajat Celcius.

Staf Data Dan Informasi BMKG Yogyakarta Indah Retno Wulan mengatakan, untuk wilayah dataran tinggi, seperti di kawasan Gunung Merapi, suhu udara bisa lebih rendah dari 18 derajat Celsius.

“Suhu udara dingin tersebut, merupakan hal yang wajar sebagai salah satu karekteristik dari musim kemarau,” kata Retno, Jumat, (20/7).

Berdasarkan catatan BMKG Yogyakarta, kelembapan udara di Jogja saat ini rendah. Uap air mempunyai sifat dapat menyerap radiasi atau panas yang berasal dari bumi sehingga bisa menghangatkan suhu bumi.

“Dengan rendahnya uap air dalam udara maka radiasi dari bumi langsung ke luar menuju atmosfer tanpa ada yang menyerap. Kondisi inilah yang menyebabkan suhu udara di sekitar bumi menjadi cepat dingin,” jelasnya.

Ia memperkirakan suhu udara yang terasa dingin, khususnya pada malam dan pagi hari tersebut, masih akan berlangsung selama periode musim kemarau. Puncak musim kemarau di Jogja, kata dia, diperkirakan terjadi pada Agustus 2018. (Santi)

Related Post