Sukses Pelayanan Disabilitas PN Wonosari Jadi Percontohan

109 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pengadilan Negeri (PN) Wonosari Gunungkidul dinilai berhasil dalam penerapan aksesibilitas bagi kaum disabilitas dalam pelayanan hukum.

Kuasa Usaha Kedubes Australia untuk Indonesia Allaster Cox  dalan kunjungannya di PN Wonosari, Jumat (28/02/2020) lalu memuji pencapaian PN Wonosari dalam pelayanan hukum bagi penyandang disabilitas.

“Saya senang dengan fasilitas yang ada di PN Wonosari ini, terutama bagi penyandang disabilitas,” kata Allaster.

Sementara itu, Kepala PN Wonosari Eman Sulaeman mengatakan prinsip inklusivitas bagi warga disabilitas tersebut membuat PN lain di DIY tertarik menerapkan model serupa.

Tak hanya secara fisik, penerapan aksesibilitas bagi difabel juga dibuat dalam bentuk Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah berjalan mulai 2014.

“Bahkan PN Kota Yogyakarta dan PN Wates, Kulonprogo akan melakukan studi banding ke PN Wonosari terkait penerapan aksesibilitas. Sampai 2019 lalu kami sudah menangani 6 kasus yang melibatkan penyandang disabilitas,” jelasnya.

Salah satu penyandang disabilitas Nurul Andriyani mengaku, sudah cukup puas dengan aksesibilitas dan layanan yang diberikan oleh PN Wonosari.

“Sudah cukup baik dan berharap infrastruktur untuk disabilitas bisa lebih ditingkatkan lagi,” tutupnya. (Yup)

Related Post