Tahun Depan, Tunjangan ASN Berdasarkan Kinerja

479 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pada tahun 2019 mendatang, tunjangan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diberikan oleh Pemkab Gunungkidul dipertimbangkan sesuai dengan tingkat kedisiplinan dan kinerja pegawai.

Selama ini tunjangan kinerja belum mencerminkan asas keadilan.

Sekda Gunungkidul Drajat Ruswandono mengatakan, pemerintah daerah sedang melakukan kajian terkait penerapan tunjangan kinerja yang diperoleh masing-masing ASN.

Saat ini pihaknya hanya sebatas memberikan sanksi teguran dan saksi administrasi jika ASN tidak disiplin.

“Seperti datang tidak tepat waktu, dan pulang lebih cepat itu pelanggaran yang dilakukan oleh ASN yang marak terjadi.
Tetapi mendatang jika tidak disiplin jangan berharap tunjangan kinerjanya akan cair 100 persen,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (20/5/2018).

DIa mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan penjajakan disejumlah daerah seperti kabupaten Bantul dan daerah lainnya yang sudah menerapkan hal itu.

Sehingga pihaknya menargetkan tahun 2019 sudah resmi bisa diterapkan.

“Target kita tahun 2019 mendatang sudah bisa terealisasi,” terangnya.

Lebih lanjut, menurut Drajat rencananya pemberian tunjangan disesuaikan dengan basis kinerja dan prestasi yang diterima oleh masing-masing pegawai sehingga tercipta keadilan. Dia tidak menampik pemberian TPP masih diberlakukan sama tanpa melihat dari kinerja orang per orang.

“Kalau saat ini semua sama, nantinya akan diberikan berdasarkan kinerja dan prestasi masing-masing pegawai,” ucapnya.

Dia berharap dengan adanya tunjangan kinerja nanti bisa meningkatkan disiplin pegawai yang selama ini masih ada stigma kurang baik.

“Kita terus mendorong perbaikan kinerja ASN agar tidak dianggap sakpenake dewe,” bebernya.

Sementara itu, salah seorang ASN di Gunungkidul Suprapto mengapresiasi Pemkab Gunungkidul tentang pemberian tunjangan berdasarkan kinerja pegawai. Dia mengaku, memang masih banyak kinerja ASN yang seenaknya sendiri bekerja di tempat kerja mereka.

“Saya sangat setuju dengan wacana Pemkab yang akan memberikan tunjangan dilandasi dengan fakta kinerja masing-masing ASN. Sehingga ini akan terkesan adil, siapa ASN yang rajin dan tidak akan lebih kelihatan,” pungkasnya. (Bayu Prihartanto)

 

Related Post