Tahun Ini Pencairan Dana Desa Lebih Mudah

81 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kucuran dana desa mulai tahun 2020 ini mengalami perubahan dibanding dengan tahun sebelumnya.

Pasalnya, perbedaan terlihat jika tahun sebelumnya desa harus menunggu seluruhnya baru bisa dicairkan. Namun tahun ini desa manapun yang telah selesai memenuhi syarat maka dapat segera mencairkan dana desa.

Hal tersebut dijelaskan oleh, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan DIY, Heru Pudyo Nugroho, setelah kegiatan sosialisasi dana desa di Bangsal Sewokoprojo, Selasa (21/1/2020). Menurut dia, perubahan ini akan dimulai awal tahun 2020. Dimana pencairan dana desa dari desa satu dengan desa yang lainnya akan berbeda.

“Jadi desa yang siap dengan APBdes, sudah koordinasi dengan Pemkab, Pemkab juga sudah menetapkan perbup susah siap, maka dapat segera disalurkan,” ucapnya.

Menurut dia, perbedaan lainnya adalah setiap termin pada tahun sebelumnya dicairkan 20 persen, 40 persen, 40 persen.

“Mekanismenya pencairan diubah kalau tahun sekarang setiap terminnya menjadi 40, 40, 20 persen,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Subiyantoro, mengatakan kemudahan pencairan dana desa mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan No.205/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.

“Sekarang lebih mudah karena tidak adanya istilah tanggung renteng (tanggung jawab bersama) antar desa karena pencairan tergantung masing-masing desa.

Pihaknya pencairan pertama ditargetkan pada Februari mendatang dikarenakan pemkab harus menyusun peraturan bupati tentang alokasi di setiap desa.

“Nantinya dana akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing desa. Intinya lebih gampang dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” pungkasnya. (Yup)

 

Related Post