Tebing Maut Berakhir Runtuh, Puluhan Warga Diungsikan

717 views

Puluhan Petugas Gabungan Menurunkan Batu Diatas Bukit Maut. (Foto: Ist)

Gunungkidulpost.com – Ngawen – Petugas gabungan berhasil melakukan evakuasi penurunan batu yang ada di atas bukit maut di Padukuhan Jentir, Desa Sambirejo, Kecamatan Ngawen, Sabtu (18/3/2017).

Evakuasi tersebut dilakukan lantaran kondisi tebing masih mengancam 86 warga setempat.“Ini dalam rangka Kegiatan kemanusiaan untuk melakukan evakuasi dan penurunan batu yang ada di atas bukit yang membahayakan bagi 28 KK,” kata Dandim 0730 Gunungkidul, Letkol Inf Muhammad Taufik Hanif kepada Gunungkidulpost.com.

Menurutnya, petugas gabungan dari unsur TNI, Polisi, BPBD, serta relawan lainnya memakan waktu hingga empat jam lebih untuk sebagian batu yang berada di atas bukit. Dalam proses evakuasi tersebut petugas menggunakan cara manual. Selama proses menurunan  berlangsung, sebanyak 86 warga untuk sementara diungsikan di posko pengungsian.“Semua warga kami ungsikan mengingat batu diatas bukit sangat bebahaya saat proses penurunan berlangsung,” bebernya.

Pihaknya menambahkan, penurunan batu tersebut berdasarkan keinginan warga, sebab batu yang masih ada diatas bukit mesih mengancam nyawa warga setempat. Tepat pukul 12.00 WIB proses evakuasi hampir mencapai 100 persen.

“Batu dapat membahayakan keamanan dan keselamatan, maka warga meminta batu yang ada di atas tebing segera di turunkan. Dan akhirnya dengan menggunkana metode manual hampir semua batu dapat dievakuasi dengan lancar,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post