Terbukti Bersalah Tim Kejaksaan Eksekusi Anggota DPRD

161 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Tim dari Kejaksaan Negeri Gunungkidul, Rabu (5/2/2020) melakukan eksekusi terhadap anggota DPRD Gunungkidul, Sumaryanto, Rabu (5/2/2020) lalu.

Meski telah dieksekusi, Sumaryanto masih berstatus sebagai wakil rakyat. Hal itu lantaran masih menunggu turunnya Surat Keputusan dari Gubernur DIY.

“Kami telah mengetahui informasi ini dan Sesuai aturan, Ketua Dewan berkirim surat ke Gubernur terkait dengan keputusan hukum tetap terhadap Sumaryanto. Sehingga masih menunggu SK Gubernur,” kata Sekretaris DPRD Gunungkidul, Agus Hartadi, Jumat (7/2/2020) kemarin.

Dia menjelaskan selama proses hukum masih berlangsung, Sumaryanto berstatus sebagai anggota nonaktif. Keputusan ini muncul beberapa hari setelah dilantik menjadi anggota DPRD Gunungkidul pada pertengahan Agustus 2019 lalu.

“Dengan adanya kekuatan hukum tetap yang dibuktian adanya eksekusi, maka yang bersangkutan bisa dihentikan secara tetap,” kata Agus.

Meski demikian, proses penghentian masih menungggu diterbitkannya SK dari Gubernur DIY. Disinggung mengenai proses pergantian, Agus menyerahkan sepenuhnya ke partai.

“Keputusan masih harus menunggu surat dari Gubernur,” ujarnya.

Terpisah, Bendahara DPC Partai Gerindra Gunungkidul, Bambang Adi Waluyo, mengatakan sejak jauh-jauh hari sebelum adanya eksekusi terhadap Sumaryanto partainya sudah merencanakan PAW. Untuk pengganti, DPC menyiapkan kader peraih suara terbanyak kedua di daerah pemilihan (dapil) lima.

“PAW yang kami lakukan sesuai dengan aturan dalam Undang-Undang Pemilu, yakni peraih suara terbanyak kedua berhak menggantikan. Untuk itu, kami sudah menyiapkan Lagiyo sebagai pengganti Sumaryanto,” ucap Bambang. (Red)

Related Post