Terbukti Korupsi, 14 Mantan Anggota Dewan Jadi Tersangka

790 views
 

Ilustrasi. Net



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Hari ini kasasi Mahkamah Agung (MA) ditolak, Kejaksaan Negeri Gununungkidul akhirnya menahan 14 orang mantan anggota DPRD Periode 2004-2009 dalam kasus dugaan Korupsi tunjangan anggota dewan dari APBD 2003/ 2004, sebesar 3,05 Milyar.

Para terpidana ini akan menjalani pidana penjara 1 tahun denda 50 juta subsider 2 bulan. 
Kejari Gunungkidul M Fauzan mengatakan, ke 14 mantan anggota dewan tersebut yakni, Ratno Pintoyo, Zaenuri, Sukar, Warta, Rojak Harudin, Isdanu Sismiyanto, Baryadi Rouseno,Irhas Imam Mochtar, Ternalem, Tumijo Suryo Hadi, Paiman, Sukijan, Paikun Widi Permono, dan Sukardi. Dua yang sudah meninggal dunia adalah Paiman dan Paikun.
“Eksekusi ini menindaklanjuti putusan kasasi mahkamah agung yang sudah kami terima. Ada 14 orang, namun 1 sakit dan dua meninggal dunia yang dibuktikan surat keterangan dari desa,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (17/1/2017).
Mereka dijatuhi hukuman selama 1 tahun dan denda 50 juta subsider 2 bulan penjara. Untuk satu orang yang sakit Irhas Imam Mochtar dibuktikan dengan surat dari dokter. Pun untuk penahanan kajaksaan juga melakukan pemeriksaan dari tim kesehatan. Menurut rencana, mereka akan ditahan di Lapas Kelas II A Yogyakarta. 
“Pelaksanaan eksekusi masih menunggu keputusan kasasi dari Mahmah Agung, kami tunggu saja,” imbuhnya.
Perlu diketahui kasus korupsi dana tunjangan anggota dewan DPRD Gunungkidul periode 1999-2004 bergulir sejak tahun 2011 lalu. Dari 45 anggota dewan hanya 33 anggota dewan yang ditetapkan sebagai tersangka.  Saat itu mereka dituntut oleh tim jaksa bervariasi mulai 4 sampai 7 tahun karena dinilai melanggar pasal 2  ayat  1 pasal 18  Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 tentang  Tindak Pidana Korupsi. (Bayu)

 

Related Post