Terdampak Bencana 7 Rumah Akan Direlokasi

216 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, akan merelokasi sebanyak 7 rumah warga yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor pada beberapa waktu yang lalu.

Hal itu dilakukan lantaran rumah yang ditinggali tersebut berada di wilayah rawan bencana.

“Awalnya menolak untuk direlokasi, Kemarin satu persatu warga terdampak saya datangi, dan berbicara dengan mereka. Akhirnya mau direlokasi,”kata Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, Jumat (8/3/2019).

Adapun warga yang mau direlokasi diantaranya 4 rumah di Desa Natah, Kecamatan Nglipar; satu rumah di Dusun Baturturu, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari; dan 2 rumah di Ngawen. Tujuh rumah tersebut posisinya berada di bantaran sungai oya, dan berada di lereng perbukitan.

Adanya kesepakatan ini, pihaknya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul berkoordinasi terkait tukar guling tanah dengan pemerintah desa.

Dia berharap tidak ada permasalahan tentang status tanah dikemudian hari.

“Nantinya menempati tanah kas desa, yang terpenting masyarakat secepatnya tinggal di lokasi aman,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edy Basuki mengatakan, untuk relokasi diperlukan koordinasi dengan desa terkait pengadaan tanah. Nantinya jika sudah selesai proses pengadaan tanah pihaknya bisa membantu stimulan bahan bangunan untuk membangun kembali rumah.

“Kami siap memberikan stimulan bantuan bahan bangunan. Selain itu juga permakanan untuk yang kerja bakti,” tutupnya. (G1)

Related Post