Ternyata Ini Alasan Utama Pelaku Nekat Bakar Surat Suara

116 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sidang kasus pembakaran surat suara di TPS 9, Dusun Jaranmati II, Desa Karangmojo, Kecamatan Karangmojo lalu terus bergulir. Hari kedua sidang tersebut digelar di Pengadilan Negeri (PN) Gunungkidul, Selasa (18/6/2019) siang.

Terdakwa, Mahardika Wirabuana Krisnamurti (21) mengaku membakar surat suara karena kesal melihat tingkah laku 3 politikus.

Sidang digelar dengan agenda pemeriksaan terdakwa yang dipimpin
Hakim Ketua Trijoko Yohanes Gantar Pamungkas dan 2 Hakim Anggota, Agung Budi Setiawan dan Melia Nur Pratiwi.

Jaksa penuntut umum sekaligus Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Gunungkidul, Ari Hani Saputri mengatakan, agenda sidang dengan pemeriksaan terdakwa bertujuan untuk mencocokkan keterangan dari 10 saksi yang dihadirkan dalam persidangan sebelumnya.

“Ini tadi agendanya pemeriksaan dan terdakwa tadi kooperatif, untuk besok (Rabu 19/6/2019) sidang dilanjutkan dengan agenda pembacaan tuntutan,” katanya, Selasa (18/6/2019).

Menurut Ari, keterangan dari terdakwa sudah sesuai dengan keterangan saksi-saksi yang dihadirkan saat persidangan sebelumnya. Selain itu, ia menyebut ada fakta menarik saat terdakwa ditanyai motif pembakaran surat suara tersebut.

“Terdakwa menjawab karena jengkel lihat politikus yang kerjanya tidak benar, seperti Setya Novanto, Fahri Hamzah dan Fadli Zon,” ucapnya.

Ari melanjutkan, proses persidangan terdakwa akan selesai selama 7 hari. Hal itu sesuai dengan Undang-Undang tentang Pemilu tahun 2017. Terkait dakwaan, ia menyebut terdakwa terbukti melanggar pasal 531 Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Yang jelas keterangan saksi-saksi kemarin sudah menguatkan unsur pasal yang didakwakan,” tutupnya. (Bayu)

Related Post