Tiga Kades Sampaikan Aspirasi Dihadapan Sultan

176 views
 

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Semin – Beragam permasalahan disampaikan oleh tiga Kades dari Desa Pundungsari, Desa Katongan, dan Desa Rejosari kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat melakukan Kunjungan Kerja ke Desa Rejosari, Kecamatan Semin, Senin,(22/7/2019).

Pada kesempatan tersebut,para Kades mengutarakan beragam permasalahan mulai dari minimnya infrastruktur, minimnya pemberdayaan masyarakat hingga pemanfaatan dana keistimewaan yang dianggap belum begitu maksimal.

Menanggapi hal tersebut, Sri Sultan Hamnengku Buwono X mengatakan penggunaan dana keistimewaan seharusnya dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat hingga di tingkat padukuhan.

“Jika dana keistimewaan yang diberikan dapat menyasar hingga ketingkat padukuhan sehingga pembangunan dan pemberdayaan berdampak maju bagi daerah,” kata Sultan.

Sultan menjelaskan,sebenarnya dana keistimewaan saat ini telah masuk dalam APBD Kabupaten/Kota. Hal itu seharusnya dapat berdampak baik seiring pembangunan dan pemberdayaan yang dilakukan masyarakat.

Terlepas dari dana keistimewaan, Sultan berpesan agar setiap desa lebih mengutamakan pembinaan terhadap masyarakat sehingga sumber daya manusianya semakin berkualitas dan tentu akan berdampak pada perkembangan desa.

“Jika memang pemberdayaan masyarakat itu akan berdampak untuk perkembangan desa, tentu juga akan mendapatkan perbantuan dari dana yang telah disediakan,” jelasnya.

Sultan mencontohkan, beberapa desa yang telah medapat bantuan dari Gubernur dapat berkembang pesat dengan keunggulan masing-masing daerah.

“Demikian juga dengan desa Rejosari,Katongan dan Pundungsari ini, saya harap bisa maju setelah adanya dukungan dari pemerintah,” ujarnya.

Sultan menambahkan,dari tiga desa ini jika memang memiliki terobosan, diharapkan segera mengajukan mengajukan proposal.

“Jika sekiranya saya tidak keberatan ya tidak pakai lama, semua tentu dapat terealisasi dan segera dilaksanakan,” pungkasnya. (Santi)

 

Related Post