Tiga Makanan Di Pasar Argosari Positif Gunakan Pewarna Tekstil

294 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Menjelang bulan suci Ramadan, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) DIY melakukan uji kelayakan makanan siap konsumsi di Pasar Argosari Wonosari, Senin (7/5/2018).

Dari 18 sampel makanan yang diuji oleh (BPOM) DIY terdapat 3 makanan yang terbukti menggunakan pewarna tekstil adalah. Tiga jenis makanan itu diantaranya rengginang, lanting, dan kerupuk sermier.

“Dari tiga makanan tersebut positif mengandung Rodamin B atau pewarna tekstil, tiga makanan tersebut berwarna merah muda,” ungkapnya.

Selanjutnya Rossy mengatakan jika makanan yang mengandung rodamin atau pewarna tekstil dikonsumsi secara terus menerus dapat menimbulkan penyakit kanker.

“BPOM telah melakukan sosialisasi berkali-kali mengenai larangan menggunakan pewarna tekstil kepada produsen makanan maupun masyarakat, akan tetapi ada saja pedagang yangelanggar,” paparnya.

Sementara itu Sari satu diantara pembeli di pasar Argisari, Wonosari mengatakan dirinya kawatir dengan ditemukannya makanan yang mengandung pewarna tekstil.

Pihaknya berharap Pemkab Gunungkidul segera menindak tegas oknum pedagang yang nakal menggunakan pewarna tekstil,” imbuh Sari.

“Harusnya ada tindakan tegas jika ada yang menggunakan bahan kimia makanan seperti yang terjadik di komples Pasar Argosari,” tandasnya. (Bayu Prihartanto)

Related Post