Tim Paduan Suara PESPARANI Gunungkidul Buka Audisi

  • Share

Gunungkidulpost.com – WONOSARI – Lembaga Pembinaan Dan Pengembangan Pesta Paduan Suara  Gerejani Katolik (Pesparani) Kabupaten Gunungkidul akan menyelenggarakan Audisi Penjaringan Tim Paduan Suara  kategori anak usia 8-13 tahun, Orang Muda Katolik (OMK) usia 14-20 tahun dan kategori dewasa usia 21-55 tahun.

Pelaksanaan audisi dilaksanakan secara serentak dilakukan di 18 Kapanewon atau tiga wilayah paroki Kabupaten Gunungkidul masing-masing Paroki  ST Petrus Dan Paulus Kelor, Karangmojo, Paroki ST Petrus Kanisius Wonosari dan Paroki ST Yusup Bandung.

Ketua Umum LP3D Kabupaten Gunungkidul Arisandiy Purba menyatakan bahwa pelaksanaan audisi dilakukan serentak pada 4 September 2022 di masing-masing paroki.

”Pelaksanaan audisi dilaksanakan secara serentak dalam waktu yang bersamaan,” katanya Rabu (24/08/2022).

Dalam pelaksanaan  audisi dilakukan  secara perorangan dengan materi  Audisi untuk kategori anak lagu yang dipersembahkan berjudul  Semua Kembang Bernyanyi  dari buku Puji Syukur  No 703, kategori remaja atau OMK Judul Lagu  yang dinyanyikan  Siapa Yang Berpegang  dari buku Puji Syukur  No 650 dan kategori dewasa atau campuran dengan judul lagu  Padamu Tuhan dan Allahku  dari buku Puji Syukur  No 690.

Peserta audisi merupakan umat Katolik di tiga Paroki, sedangkan pelaksanaan audisi, setiap peserta  dari setiap kategori wajib mendaftarkan kepada Panitia Pelaksana tanpa dikenakan biaya pendaftaran di masing-masing paroki atau melalui link pendaftaran secara online.

“Setelah pendaftaran, peserta akan  melaksanakan penilaian teknik vokal dan kesanggupan sebagai tim,” imbuhnya.

Adapun kriteria penilaian meliputi materi suara, sonoritas (kemerduan),  Intensitas (kekokohan), Teknik, Intonasi (ketepatan bidik nada), Attack/release (keserempakan saat memulai/mengakhiri lagu), Diksi (pengucapan), Balance (keseimbangan), Homogenitas (keseragaman suara). Warna suara sesuai jenis suara, Kestabilan tempo dan ritme lagu, Kepatuhan pada Partitur, Kesesuaian tempo dan ritme dengan syair lagu, penampilan dan lainnya. Untuk pengumuman dilaksanakan paling lambat 1 (satu) minggu setelah pelaksanaan Audisi.

“Pengumuman hasil audisi disampaikan melalui surat keputusan Ketua Umum LP3KD Gunungkidul,” terangnya. (G1)

  • Share
Exit mobile version