Tim Transfusi Darah PMI Gunungkidul Terima Vaksinasi

  • Share

GunungkidulPost.com – WONOSARI – Sejumlah pegawai dari Unit Transfusi Darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gunungkidul hari ini Rabu (03/02/2021) menerima vaksin COVID-19.

Penerimaan vaksinasi berlangsung di Klinik Pratama Kartika, Kompleks Makodim 0730/Gunungkidul.

Proses vaksinasi dibagi jadi 4 tahapan sesuai prosedur. Antara lain verifikasi data, pemeriksaan kesehatan, penyuntikan vaksin, dan terakhir pendataan penerima vaksin.

“Pelaksanaan vaksinasi sesuai permintaan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul,” Kata Kepala Klinik Pratama Kartika, Sersan Mayor (Serma) TNI Sugiyanto.

Menurut dia, Vaksinasi hari ini pun merupakan dosis pertama. Dosis kedua akan diberikan 14 hari kemudian, di mana tiap penerima sudah dibekali kartu khusus berisi jadwal penyuntikan berikutnya.

“Hari ini vaksinasi pertama dan berikutnya akan dilakukan 14 hari mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu, Unit Logistik PMI Gunungkidul Slamet Riyanto mengatakan sesuai data ada 12 orang dari Unit Transfusi Darah yang menerima vaksin. Namun yang bisa hadir hanya 9 orang.

“3 lainnya masing-masing karena tengah mengandung, satu sudah menerima vaksin karena dokter, terakhir sedang isolasi mandiri karena ada anggota keluarganya yang terpapar COVID-19,” jelasnya.

Pasca seleksi manual, hanya 6 pegawai yang akhirnya menerima vaksin dosis pertama tersebut. Pasalnya 3 lainnya memiliki tensi yang tinggi saat pemeriksaan kesehatan.

Salah satu penerima vaksin
Hesti Wulandari (30) mengatakan ia sempat merasa khawatir sebelum mendapat suntikan. Namun ia meyakini bahwa vaksin nantinya akan berdampak baik ke depan.

Ia mengatakan tidak ada efek samping yang dirasakan.

“Berdoa dulu agar lancara. Setelah disontik saya tak merasakan efek apapun,” ucapnya. (Yup)

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *