Tingkatkan Semangat Kemerdekaan, Ribuan Pelajar Tunjukkan Patriotisme

199 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Cinta terhadap budaya dan semangat patriotisme ditunjukan oleh ribuan peserta Karnaval Pembangunan, Senin (26/8/2019) di alun-alun Wonosari.

Dengan mengusung tema Pesona Budaya Sekolah para pelajar tersebut diharapkan meningatkan edukasi berbudaya kearifan lokal.

Camat Wonosari, Siswanto mengatakan diadakannnya kegiatan karnaval pembangunan tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke-74 dengan melibatkan peserta dari kalangan pelajar. Peserta para pelajar karena dari sekolah yang akan menciptakan SDM unggul sesuai dengan tema kemerdekaan SDM Unggul Indonesia Maju.

“Karnaval diikuti oleh 31 sekolah dari SD sampai SMA yang ada di Wonosari.” katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Siswanto menjelaskan tujuan diadakanya karnaval tersebut untuk memberikan ruang bagi para pelajar dan sekolah untuk menampilkan semua potensi yang dimiliki.

“Selain untuk menunjukan potensi pelajar dan sekolah yang ada, ini juga sebagai ajang untuk menanamkan jiwa patriotisme dan cinta terhadap budaya yang ada yang patut dilestarikan.” ungkapnya.

Dia berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat menciptakan rasa nasionalisme bagi peserta dan yang menyaksikan serta
dapat menghibur masyarakat.

“Mudah-mudahan masyarakat dapat terhibur menyaksikan karnaval ini dan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme mengenang perjuangan pahlawan kita dulu,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang peserta pawai Bandi mengaku senang mengikuti pawai dalam rangka 17an ini. Menurut dia, setelah beberapa tahun yang lalu terhenti tidak ada pawai, tahun ini kembali lagi digelar dan menuai kemeriahan dijantung kota.

“Akhirnya tahun ini bisa kembali diadakan pawai, sangat kami apresiasi acara ini. Kami harap, kegiatan ini menjadi agenda tahunan yang terus digelar,” tutupnya. (Falentina)

Related Post