Uap Misterius Masih Saja Terjadi, Tim BPPTKG Dikerahkan

593 views
 
image

Foto: istimewa

Gunungkidulpost.com – Gedangsari – Fenomena alam uap panas di rumah milik Trisno Wiyono, warga Padukuhan Krayen RT02 / RW 03 Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari masih terus berlangsung.

Badan Geologi, Balai Pengembangan dan Penelitian Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta kini telah  mengambil sampel uap dan tetesan air yang keluar dari rumah Trisno. Hal ini untuk memastikan penyebab utama munculnya uap misterius itu.

Camat Gedangsari, Muhammad Setyawan Indriyanto mengatakan, hari ini tim geologi masih melakukan penelitian awal dilokasi keluarnya uap air dari dalam tanah. Lantaran hingga  siang ini uap dan panas masih keluar dari dalam tanah.

“Mereka mengambil sampel air dan uap air yang keluar dari pipa untuk dilakukan penelitian yang mendalam,” katanya saat dihubungi Gunungkidulpost.com, Jumat (17/2/2017).

Dia menjelaskan, sempat muncul kecurigaan panas yang muncul dari dalam tanah berasal dari ground listrik. Sebab, saat dites menggunakan taspen dinding rumah ada aliran listrik. Namun Kamis malam, listrik dimatikan dari kabel induk, tetapi uap dan panas masih keluar dari dalam tanah.

“Listrik dimatikan sejak semalam, tetapi panas dan uap air masih keluar dari dalam tanah,” bebernya.

Selain dari tim geologi, pengambilan sampel juga dilakukan dari Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul. Dia berharap, penyebab utama terjadinya uap misterius ini segera terungkap.

“Kemarin sempat diambil sampel namun belum bisa mendeteksi kandungan air tersebut, maka hari ini dari dilakukan penelitian dari dinas lingkungan hidup dan BPPTKG,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

 

Related Post