Ubah Lingkungan Kumuh Jadi Bersih, Dusun Sumbermulyo Jadi Percontohan

292 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Berawal dari lingkungan yang kumuh dan tidak sehat, masyarakat di Dusun Sumbermulyo, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, akhinya menjadi percontohan lingkungan terbaik.

Pasalnya dengan semangat dan gotong royong dari masyarakat, hingga pemerintah desa dibantu dengan beberapa pihak bisa merubah kawasan kumuh menjadi lokasi wisata.

Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Kepala Dukuh Sumbermulyo Dhoris Setiawan. Menurut dia, Agro Technopark (GAP)merupakan konsep pertanian organik yang dipadu dengan peternakan hingga pembuatan tempe secara higienis.

“Agro technopark ini diharapkan dusun kami bisa berkembang dari sisi wisata edukasi,”katanya kepada wartawan Minggu (2/12/2018).

Wisatawan bisa belajar menanam sayuaran organik berupa sawi dan beberapa tanaman lainnya seperti melon kuning yang belum banyak di budidayakan masyarakat.

“Ada multiplier efek bagi warga disini dan inilah wujud kebangkitan warga Sumbermulyo,”ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kepek, Bambang Setiawan mengatakan dusun Sumbermulyo adalah dusun yang masuk kawasan kumuh. Untuk itu pihaknya terus berupaya melakukan pembenahan, salah satunya mengangkat potensi yang ada di dusun Sumbermulyo.

“Konsepnya selain membeli, nanti pengunjung diajak ke sentra pembuatan tahu,” ucapnya.

Pendiri dan Ketua Tim Diskusi Ahli GAP, Paul Soetopo mengatakan Gunungkidul Agro Technopark sendiri merupakan bentuk kerjasama warga dengan seorang warga dari luar kota. GAP ini dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan pembiayaan dari sejumlah CSR bank di Indonesia.

“Harapan kami kedepan banyak pengunjung yang bisa belajar ditempat ini dan semakit ditangkatkan lagi peranserta maasyarakat,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post