Wajib Pajak Dikenakan Tambahan Dana Sosial PMI

965 views
image

Bukti Pembayaran Dana Sosial PMI. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Gunungkidul gandeng kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (samsat) Gunungkidul mengadakan  penggalangan dana sosial yang nantinya akan digunakan untuk kegiatan sosial.

Penarikan dana sosial tersebut dilakukan pada setiap wajib pajak kendaraan bermotor yang mendatangi kantor samsat Gunungkidul.

Hal itu dibenarkan oleh Rully Marisa, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Daerah (KPPD) di Samsat Gunungkidul.

“Penggalangan dana sosial ini memang setiap tahun dilakukan, di 2017 ini, kita mulai sejak awal Mei kemarin, dan kita sudah berikan informasi ini kepada masyarakat di setiap Kecamatan,” kata  Rully kepada Gunungkidulpost.com, Selasa,(16/5).

Dia menjelaskan, setiap wajib pajak akan ditarik sebesar Rp.2.000,- untuk dana sosial PMI. Setelah dana itu nantinya terkumpul sesuai dengan bukti penarikan PMI di samsat barulah dana sosial disetorkan ke kantor PMI cabang Gunungkidul.

“Pada dasarnya kita hanya dimintai tolong oleh PMI, ini semata-mata untuk dana sosial yang nantinya juga akan digunkan untuk kegiatan sosial,” tambahnya.

Pihak KPPD/Samsat Gunungkidul mengharapkan hal ini dapat dipahami oleh setiap wajib pajak kendaraan bermotor sehingga tidak akan ada pertanyaan “untuk apa biaya ini?”

“Selama ini kita juga belum menerima keluhan dari masyarakat, dan kita berharap hal ini tidak akan menimbulkan keluhan karena ini murni untuk dana sosial,” pungkas Rully.

Sementara itu salah satu wajib pajak asal Ngawen, Sumardi mengaku dirinya sempat kaget dengan penarikan dana yang akan digunakan untuk kegiatan sosial oleh PMI. Menurut dia, kurangnya sosialisasi membuat banyak warga yang hendak mengurus pajak kendaraannya merasa terkejut dengan adanya penarikan dana sosial ini.

“Setau saya belum ada sosialisasi tentang pungutan dana PMI ini, meski saya tidak keberatan namun lebih baik ada pemberitahuan sebelumnya supaya tidak timbul kritikan dari masyarakat,” tandanya. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post