Warga Drini Belum Bersedia Tandatangani Surat Perjanjian Relokasi

265 views
 

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Sejumlah warga yang menempati komplek kawasan Pantai Drini, Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari hingga saat ini belum bersedia menandatangani surat perjanjian.

Surat perjanjian bersedia pindah dan tidak membangun bangunan di area pasir pantai dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul pada Minggu lalu.

Ketua kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Drini marjoko saat dihubungi wartawan, Minggu (26/8/2018) mengatakan, warga sekaligus pedagang yang berada di Pantai Drini belum menandatangani surat perjanjian yang dikeluarkan oleh Pemkab.

“Kami selama ini masih menunggu kepastian tempat relokasi sehingga warga belum bersedia tanda tangan,” katanya kepada wartawan.

Menurut dia, pasca gelombang tinggi yang merusak gazebo, masyarakat telah membangun kembali di area pinggir pantai. Hal itu berdalih telah mempertimbangkan resiko yang mungkin bisa terjadi.

“Kami telah membangun tanggul pemecah ombak, untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu gelombang tinggi menerjang lagi,” ucapnya.

Sementara itu Camat tanjungsari Rahmadian mengatakan tidak ada penolakan dari masyarakat terkait dengan penataan kawasan pantai.

Pihaknya telah menyiapkan surat pernyataan yang berisi kesanggupan agar pindah dari area pasiran.

“Kami telah melaukukan sosialisasi terhadap pokdarwis Pantai Drini, Banjarejo, Tanjungsari karena disini masih banyak lahan untuk relokasi,” ungkap Rahmadian.

Rahmadian mengatakan pemerintah Kabupaten gunungkidul telah menyiapkan pos anggaran pembangunan lapak baru melalui APBD Perubahan.

“Untuk lapak baru telah disiapkan Pemkab jadi menurut saya tidak ada masalah,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Asti Wijayanti menuturkan bahwa relokasi sudah diagendakan oleh pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

“Eksekusi di lapangan harus tetap mempertimbangkan banyak aspek, Ibu Bupati juga tidak tega jika dilakukan penggusuran,” kata Asti. (Bayu)

 

Related Post