Warga Pundungsari Resah, Kera Ekor Panjang Serbu Pemukiman

264 views

Gunungkidulpost.com – Semin – Lahan pertanian dan permukiman di Desa Pundungsari, Kecamatan Semin diserbu kera ekor panjang. Tidak sampai disitu, kera itu juga menyerang beberapa lahan hingga ke Desa Karangsari.

Hal itu disampaikan Sudiyono, dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Desa Pundungsari dihadapan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat melakukan Kunjungan Kerja di Desa Rejosari,Senin,(22/7/2019).

“Serangannya sudah lama,dulu hanya menyerang tanaman di gunung, tapi akhir-akhir ini sampai ke permukiman,” katanya.

Sudiyono mengatakan, dulu lahan pertanian di daerah pegunungan ditanami palawija. Namun karena serangan kera ekor panjang tersebut, wargapun tidak mau lagi menanam tanaman pertanian.

“Digunung,sekarang tinggal kayu-kayu saja, itu pun sering dipatahkan oleh monyet ekor panjang,” ujarnya.

Menanggapi laporan warga, Sultan mengatakan, ia akan berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan DIY. Menurutnya, dinas punya pengalaman menangani kasus seperti ini yakni di Kecamatan Rongkop dan Paliyan.

“Di Kecamatan Rongkop dan Paliyan dulu kami datangkan suku Badui yang memang mempunyai keahlian untuk menangkap kera ekor panjang,”kata Sultan.

Menurut Sultan,orang-orang Badui bisa menangkap kawanan monyet dengan cara menangkap ratu monyetnya dulu,atau pimpinan dari monyet-monyet tersebut, sehingga kera-kera itu dapat dengan mudah ditangkap. (Santi)

Related Post