Warga Resah, Dana Desa Tak Kunjung Cair

592 views
 

ilustrasi.net




Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pencairan dana desa tahap kedua sebesar Rp 41 miliar hingga saat ini tak kunjung cair. Keterlambatan tersebut dituding mengganggu program yang sudah direncanakan oleh desa di Gunungkidul.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Keluarga berencana (BPMPKB) Gunung Kidul Rakhmadian Wijayanto mengatakan, pihaknya masih menunggu pencairan dari pemerintah pusat. Menurutnya, sebanyak 144 sudah menyerahkan laporan pertanggung jawaban (LPJ) dan rincian anggaran pendapatan belanja desa (APBDes). Namun target pencairan dana desa tahap kedua mengalami keterlambatan.

“Kami masih menunggu informasi dari pusat tentang pencairan dana desa tersebut,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (23/9/2016).

Dia menuturkan, total dana desa sendiri berjumlah sekitar Rp103 miliar. Namun pada termin pertama sudah terserap sekitar Rp62 miliar dan sisanya masih menunggu pencairan. Dirinya tidak bisa menyampaikan kapan dana desa termin kedua bisa dicairkan, karena mekanisme ada di pusat.

“Kami hanya menunggu transfer sampai di kas daerah hingga tanpa waktu yang tidak bisa dipastikan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Logandeng Suhardi mengaku, recanannya dana desa tahap kedua dialokasikan untuk keperluan pembangunan infrastruktur dan program pemberdayaan. Menurutnya, dengan keterlambatan dana desa ini, maka akan mengganggu program yang sudah direncanakan.

“Kami kawatir jika pencairan molor, program kami tidak bisa berjalan maksimal,” ucapnya. (Bayu)

 

Related Post