Wawasan Kebangsaan Terus Disosialisasi

612 views
 

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari –  Kesadaran berbangsa dan bernegara di masyarakat harus semakin bertumbuh kuat. Salah satu caranya adalah dengan menyosialisasikan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bineka Tunggal Ika.

Hadir dalam acara tersebut, Guru besar Fakultas Hukum UGM, Sujito, Ketua PDD PDIP Sekaligus anggota DPR RI Idam Samawi, dan belasan Kepala Desa se Gunungkidul.

“Dengan semakin kuatnya kesadaran berbangsa dan bernegara, maka secara bersama-sama kita semua akan juga semakin memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkan tujuan didirikannya pemerintah negara Indonesia, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan berbangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” kata Kata Ketua PDD PDI P, Idham Samawi saat mendatangi sosialisasi 4 pilar di Aula Gedung DPRD Gunungkidul, Sabtu (29/4/2017).

Dia mengatakan, kebebasan berpendapat sebagai tanda lahirnya era reformasi, tapi selama ini seringkali dimaknai salah oleh orang yakni bebas tanpa batas. Kesalahan pemahaman tersebut menyebabkan kendornya nilai-nilai agama dan nilai-nilai keakraban sosial. Hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut mantan Bupati Bantul itu, Bangsa Indonesia semakin hari semakin jauh dari jati dirinya. Sebelumnya, bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang penuh dengan nilai-nilai kesopanan, penuh kasih sayang dan memiliki jalinanpersaudaraan satu dengan lainnya sangat erat, namun kini nilai-nilai tersebut sudah memudar.

Mengingat pentingnya nilai-nilai luhur budaya bangsa, sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2014 jo UU Nomor 42 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan DPRD, MPR membentuk badan sosialisasi yang salah satu tugasnya memasyarakatkan Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika.

“Pemahanan terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar negara harus selalu ditumbuhkembangkan dalam mewujudkan cita-cita masa depan Indonesia yang lebih baik menuju masyarakat yang sejahtera, adil, makmur serta menjadi negara yang berdaulat dan bermartabat,” ujarnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

 

Related Post