15 Desa Meriahkan Gelar Potensi Desa Budaya

  • Share

GunungkidulPost.com – WONOSARI – Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY menggelar potensi desa budaya, Kamis (16/11/2021).

Giat tersebut digelar dengan tujuan melestarikan nilai-nilai budaya daerah dan sekaligus mendukung promosi pariwisata.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Agus Kamtono mengatakan ajang ini diikuti sedikitnya 56 desa budaya se-DIY. Dari jumlah tersebut ada 15 desa budaya dari Gunungkidul.

Dikarenakan dalam pandemi Covid-19, pertunjukan digelar secara terbatas di Auditorium Taman Budaya Gunungkidul. Serta disiarkan melalui channel youtube.

“Masing-masing kontingen menampilkan gabungan pertunjukan dari seni karawitan, tari, tembang dan unsur seni lainnya yang merupakan warisan budaya di desa tersebut. Ajang ini akan menjadi tolok ukur dalam pembinaan dan pengembangan rintisan desa budaya,” ucapnya saat ditemui wartawan disela acara.

Ditambahkan Agus, pagelaran ini juga diharapkan mendorong kreativitas seniman dalam kiprahnya secara positif dan responsif dalam menempuh perjalanan hidup berkesenian untuk lebih terarah dan berkualitas.

Serta kecintaan masyarakat terhadap seni musik karawitan, ketoprak, dan tari semakin meningkat.

Dengan demikian, ia berharap ke depannya mampu memberikan manfaat yang lebih besar bagi pengembangan dan pelestarian budaya di Gunungkidul selama ini.

“Ini menggunakan anggaran Dana Keistimewaan. Kami harap kedepan serapan anggaran mencapai target maksimal sehingga akan kita dongkrak dengan berbagai event dan pembinaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih, SE mengatakan sangat mengapresiasi dan terus mendorong program kegiatan Dinas Kebudayaan Gunungkidul. Selain bertujuan untuk menggali potensi seniman lokal dan budaya, kegiatan ini sebagai ajang daya tarik wisatawan.

“Sesuai visi misi Pak Bupati bahwa Gunungkidul sebagai tujuan wisata terkemuka dilevel nasional maupun internasional perlu adanya singkronisasi antara potensi pariwisata dan budaya lokal. Sehingga menjadi daya tarik pengunjung,” ujarnya.

Disinggung mengenai wacana kedepan sektor wisata yang dikemas dengan potensi budaya lokal, Pimpinan Partai PDI Perjuangan Gunungkidul ini terus mendorong Pemkab untuk segera merealisasikan program tersebut.

Sehingga terjalin kerjasama dan sinergi antara potensi wisata dengan suguhan pertunjukan seni budaya lokal.

“Kalau pariwisata ingin maju ya jangan monoton, harus ada wahana baru seperti contohnya dikawasan pantai ada pagelaran seni maupun kelompok kesenian lokal yang ada diwilayah setempat. Kalau ini sudah berjalan pasti tamu akan merasa terhibur dan akan memiliki kesen liburan di Gunungkidul yang sangat menarik,” pungkas Endah. (Byu)

  • Share
Exit mobile version